Minggu, 27 Mei 2018

# event

Amplop Lebaran; Mudik; Ketupat;

Yeahhhh, kini tiba saatnya kita berada di bulan yang penuh dengan berkah, dimana bulan ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Banyak pahala yang bisa kita dapat dibulan ini dengan menjalankan semua kegiatan -  kegiatan yang baik. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat Islam Al Quran.

Nah, ini merupakan tahun ke 9 puasa tanpa keluarga.  Pasti dong ada rasa iri melihat yang lain sahur dan buka puasa bersama keluarga, yah Beginilah nasib anak asrama yang jauh dari keluarga atau sering disebut juga anak perantauan.

Baca : nasib anak asrama

Nah, karena ini merupakan tahun ke-9 jadi nevermind (padahal dalam hati sedih banget menegarkan diri sendiri aja), Biasa aja dong tetap semangat dan ikhlas menjalankan ibadah puasa karena bulan puasa itu pahalanya berlipat ganda. Bulan puasa juga menahan hawa nafsu bukan hanya menahan lapar dari pagi sampai terbenamnya Fajar, karena puasa itu merupakan ibadah yang sangat wajib bagi umat muslim sesuai dengan firman Allah dalam surat al-baqarah ayat 183 "Hai orang - orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas  orang - orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa".

Aku percaya puasa satu bulan atau 30 hari itu adalah waktu yang sangat sangat singkat maka dari itu marilah kita menjalankan ibadah puasa dengan meningkatkan ibadah kita dan rasa ketuhanan kita.
Tau kah kalian? sekarang ini H- 19  menuju lebaran, bagi kamu pasti ada dong hal yang ditunggu  di hari kemenangan umat Islam yaitu lebaran.  Dulu waktu Mimin masih kecil seneng banget  kalau udah dekat dengan lebaran karena dapat THR.   Bayangin dong ngumpulin THR dari beberapa sanak saudara itu seneng banget apalagi dapat uang baru jadi tuh waktu zaman-zaman masih kecil suka ngumpulin uang THR  dan banyak banyangan bakalan mau beli apa nanti, bahkan selalu nanya berapa nominal, misalnya nih : di rumah sini dapat uang sekian, terus di rumah sana dapat berapa ya? THR itu juga bagus ditutup dengan Amplop yang sangat cantik karena untuk menutup dari hal Riya'. Nah, bagi kamu yang suka dengan amplop-  amplop cantik untuk lebaran bisa cek KEKIDA  
sumber https://www.instagram.com/kekida/

Tapi dengan bergulirnya waktu semakin bertambah usia THR bukan lagi hal utama yang sangat ditunggu kenapa?  Karena sekarang bakalan nggak dapat lagi nih THR (sedih banget mimin) malah bakalan ditagih sepupu yang masih krucil - krucil (pingin kabur).  Setelah THR pasti bakalan kepingin dapat baju lebaran tapi itu dulu waktu Mimin masih kecil sekarang mah senang itu bisa mudik bareng keluarga jadi moment yang sangat berharga bisa berkumpul dengan keluarga. Biasanya setelah salat Idul Fitri kami kumpul bersama, kemudian membuat lingkaran untuk maaf  - maafan dari yang paling tua kemudian ke yang paling muda   pas sunkeman itu bakalan nangis - nangis bombay terus berpelukan kayak teletubis .Selain itu momen Selanjutnya ya bagi-bagi THR biasanya dari keluarga kami nanya siapa yang puasanya penuh Siapa yang hafal surat ini pasti jumlah nominalnya bakalan lebih banyak.

sumber: tribunnews.com
Momen selanjutnya Yang Dinanti ketika lebaran adalah lezatnya ketupat.  Jadi, setiap berkunjung ke rumah saudara wajib tuh nyicipi ketupatnya atau biasa kita kenal dengan lontong, nah bisa kebayang kan gimana tuh keadaan perut, tapi hitung-hitung ga apa sich buat perbaikan gizi.

Tapi ketika kumpul keluarga, hal yang paling menyebalkan bagi Mimin yaitu cuci piring, Kenapa? karena masih jomblo bakalan nyuci piring. jadi sistem di keluarga kami bagi yang sudah menikah bakalan  lengser dan terlepas dari yang namanya tanggung jawab  cuci piring, jadi ya nasib jomblo lah tapi itu menyenangkan sih kalau dikerjakan dengan ikhlas semoga Lebaran tahun depan gak jomblo lagi lah .

lebaran 2016

Pastinya setiap daerah memiliki tradisi masing-masing, bagaimana tradisi didaerah kalian? Yuk ceritakan tradisi masing - masing ketika lebaran dikomentar ya ?

Jadi ketika lebaran itu semuanya kembali ke Fitrah zero to zero ya....

4 komentar:

  1. Tradisi tidur bareng di ruang tamu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bg walaupun bejejer kayak ikan asin tapi seru kali, moment yang dirindukan setahun sekali semoga kita dipertemuakan dengan lebaran tahun depan

      Hapus
  2. sesama anak perantauan tosss dulu dung, menjelang h-5 cuti pikiran udah ga di kantor lagi, tapi udah melalang buana ke berastagi... ga sabar aja pengen cusss berangkat ninggalin jakarta ini. Banyak yang dirindukan ramadhan ini. Mau kumpul sama keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss anak perantauann hahahhaha melalang buana ke berastagi sambil metik strowbery bg, mudik bg mudik bg kampung halaman memanggil

      Hapus

Follow Us @faizah_elzafa