Sabtu, 30 Juli 2022

Pelatihan Menulis Buku bersama Dr. Akbar Zainuddin, MM Di Pondok Modren Al - Jauhar

Rintik hujan di Jumat berkah tak memudarkan semangat untuk menghadiri pelatihan menulis buku (gerakan guru menulis) berasama Dr. Akbar Zainuddin, MM  di Pondok Modren Al jauhar Yayasan Ikatan keluarga Haji Duri (IKHD) dalam rangaka milad pondok yang ke 40.  Wajah sumringah guru - guru  menghiasi  Qoah untuk menerima ilmu dari seorang penulis yang tak diragukan dan best seller salah satu karya beliau Man Jadda Wajada.  Acara dibuka oleh MC Ustadz Abid Sidiq dilanjutkan dengan membaca Alquran oleh Ustdz Arif Hidayatullah kemudian kata sambutan dari bapak Pimpinan Ustadz Haryono M.Pd.I, kata sambutan terakhir sekaligus membuka acara  pelatihan menulis buku oleh H. Afriadi. 



Pelatihan Menulis buku pun dimulai oleh Dr.  Akbar Zainuddin, MM. beliau bertanya pernahkah ibu bapak melakukan pujian kepada orang terdekat? pujian  adalah hal sederhana  yang kita lakukan tapi mampu mengubah segalanya seperti mood siapa sich yang senang ketika mendapat pujian. kegiatan ini bisa berlaku ketika seorang guru masuk kelas sebelum pelajaran imulai usahakan membuat candaan, pujian agar anak anak happy ketika memulai pelajaran, aura Positif pun terpancar. 

Menulis itu bukan seorang yang ahli atau bisa dan gak bisanya seseorang. Tapi menulis itu bagaimana cara kita memulai, konsisten kemudian di targetkan dengan membuat tujuan yang kuat  agar  kita semangat menulis. Misalnya dengan menulis bisa keliling negara atau dengan menulis bisa bei rumah.  Banyak muncul pertanyaan mulai dari mana untuk menulis bisa dari hal sederhana yang berada disekitar kita dan disukai seperti resep memasak, kegiatan sehari - hari dan lain - lain. 
5 sikap yang harus  dimiliki serang penulis NTDBM  

Sumber Dr. Akbar Zainuddin, MM

1. Niat 

        Sebagian dari kita sering mendengar "innamal a'malu binniyat" segala sesuatu harus dimulai dengan niat. hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah menulis di buku/ HP tujuan kita menulis sebanyak mungkin agar termotivasi untuk menulis. Jangan lupa carilah mentor atau komunitas menulis kenapa ketika niat kita mulai redup ada yang mengingatkan. 

2. Target 

        Buat deadine yang sekiranya kita mampu untuk mengerjakannya misalnya 1 bulan 1 tulisan atau 1 tulisan 2 bulan yang seiranya tidak memberatkan kita untuk mengerjakannya. 

3. Disiplin 

         Harus ada aturan ketika mulai untuk menulis, bisa dilaksanakan pagi, siang, malam,  pilih salah satunya kemudian buat jadwal menulis sehati 15 - 30 menit perhari, Lakukan dengan disiplin dan konsisten.

4. Berani 

          Jangan pernah takut salah untuk menulis cobalah untuk berani menuangkan apa yang ada dalam giliran dalam bentuk tulisan. 

5. Mulai 

         Banyak yang bertanya ketika ingin menulis harus mulai dari mana dan kapan?  Jawaban  mulai dari sekarang  coba menulis dengan Tema, buat kerangka tulisan, dari satu kata kembangkan menjadi  kalimat, satu kalimat kembangkan menjadi 1 paragraf begitulah seterusnya hingga tanpa kita sadari jadi sebuah karya tulisan. 

Tak terasa pelatihan selama 2 jam pun selesai dengan masing masing guru mendapat PR membuat tulisan dengan tema mengajar itu menyenangkan dengan deadline 2 x 24 jam. Semoga setelah pelatihan ini guru  - guru Al Jauhar  mampu menciptakan karya karya tulisan yang bermanfaat. 
Tugas pelatihan dengan tema mengajar itu menyenangkan 

1 komentar:

  1. Bagus sekali tulisannya. Silakan tulis lagi yang bagus seperti ini, lagi dan lagi.

    BalasHapus

Follow Us @faizah_elzafa