Sabtu, 05 Januari 2019

# Kegiatan Pesantren

Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) Pondok Modren Al - Jauhar IKHD Duri Riau Tahun 2019

Asslamaulaikum Readers

Pondok Modren Al jauhar yang terletak di jalan Asrama Tribrata kelurahan Pematang Pudu kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau. Sebuah Lembaga Pendididikan berbasis Pesantren. 

Pembukaan Perjusa aljauhar duri riau
Pembukaan perjusa Al jauhar Duri riau 

4 Januari 2019 Pembukaan dan pelepasan  perkemahan Jumat Sabtu (perjusa)  oleh bapak pimpinan Ustad Haryono M. Pd. I. Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang dilaksanakan Pesantren Modren Al jauhar, yang diikuti santri putra dan Putri. Acara Perkemahan Jumat sabtu (Perjusa) adalah acara wajib bagi seluruh santri. 
Pelepasan perjusa ke buper
Pelepasan santri dan santriwati ke bumi perkemahan 

Acara Perjusa tahun ini  diketuai oleh Ustad Hairudin S. Kom dan Ustad Solehudin S.Pd serta koordinator gerakan Pramuka Al jauhar kelas 6 (atau setara dengan kelas 3 SMA).
Perkemahan jumat sabtu pondok modren aljauhar duri riau
Perjusa Al jauhar 2019

Panas terik yang mencekam bukan halangan bagi santri dan satriwati, setiap kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta dengan senyum. letih, lelah itu pasti tapi itu terbayar srmua apalagi jika satuaannya menang dalam perjusa, pasti jadi kebanggan tersendiri oleh setiap satuaan (begitulah yang faiz rasakan beberpa tahun lalu).
Perjusa Al - Jauhar 2019

Kegiatan demi kegiatan bergulir ketika adika adika sampai di bumi perkemahan,  antusias yang luar biasa bagi seluruh adika dan pembina yang berpartisipasi.
Api unggun perjusa pondok modren aljauhar
Api unggu perjusa 2019

Jumat malam pun diisi dengan kegiatan api unggun, yang diikuti seluruh peserta dan pembina. Alhamdulillah  Cuaca malam tak hujan, sehingga api unggun gembira lancar " ujar salah satu pembina".
Tajamuk perjusa pondok modren al jauhar duri riau

Bagi kalangan pesantren Tajamuk merupak hal yang biasa.  Tajamuk merupakan makan bersama sama dalam satu wadah.  Mungkin bagi sebagian alumni hal ini yang sangat di rindu.

Sabtu pagi dalam seluruh peserta senam kemudian dilanjutkan heking.  Banyak sekali manfaat perjusa bagi peserta salah satunya kepempinan,  bertanggung jawab,  sosial, kemandirian dll.

Semoga Al - Jauhar tetap berjaya dan menciptakan generasi yang berakhlakul karimah.

Okey sekian dulu yaa, nantikan cerita selanjutnya tetang  dunia pesantren yaaa


6 komentar:

  1. Ini mengingatkan aku pada kemping sekolah beberapa waktu lalu alias belasan tahun lalu, dulu aku kemping di hutan mba, duh nyebelin bngt.. seru nggak, takut iya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak makanya faiz nulis mengingatkan masa lalu

      Hapus
  2. Lokasi perjusa di lingkungan ponpes ya dek?
    liat foto fotonya jadi kangen pramuka ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak kk lumaya jauh, di tengah tengah hutan tapi pembukaannya di pondok

      Hapus
  3. Ya ampun, dari kelas 3SD sampai lulus SMA loh aku masih aktif pramuka, begitu kuliah baru deh stop pramuka karena kagiatan kampus segudang banyaknya. Secinta itu aku sama pramuka mbak. Dulu namanya persami, perkemahan sabtu minggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bener persami mbak, sama saya juga off pas kuliah

      Hapus

Follow Us @faizah_elzafa