Jumat, 10 November 2017

Pahlawan Zaman Now Versi Saya

Apakah arti pahlawan itu ? 


Ketika pertanyaan itu saya lontarkan kepada siswa mereka  menjawab antusias dan spontanitas dengan berbagai macam jawaban;
Pahlawan itu soekarno buk, pahlawan itu yang perang pakei bambu runcing buk, pahlawan itu yang melawan penjajah belanda dan jepang, pahlawan itu yang rela bersembunyi di hutan ketika perang, pahlawan itu yang berani buk bawa pistol melawan penjajah yah itu sebagian jawaban dari anak – anak dalam pikiran mereka  tentu semua jawaban itu benar menurut versi saya, mereka mampu mengungkapkan pendapat tanpa malu – malu bagi saya itu merupakan aparesiasi yang patut diacungkan jempol. Nah sebenernya apa sih pahlawan itu ?
Menurut KBBI pahlawan  adalah orang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran ;pejuang yang gagah berani.
 "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." [Ir. Soekarno, Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961]

Lantas bagaimana pahlawan zaman now apakah kita harus  berjuang dalam berperang dulu membawa bambu runcing?  Dulu Berjuang dengan musuh yang nyata  nah sekarang apakah seperti itu tidak musuh kita sekarang imaginer tidak nyata pasti lebih membutuhkan perjuang yang lebih kuat kita haarus berjuang dengan pikiran, membentengi diri agar tidak terkontaminasi dengan peradapan.  Tentu hal ini lebih membutuhkan tenaga ekstra karena kita tidak tahu dari mana saja musuh kita karena musuh kita berada dari mana saja bahkan dari hal kecil tanpa kita sadari.

apakah kita akan diam aja termangu dan terus berpangku tangan  melihat kemelut ini ? 
berbuat lah positif bergeraklah melangkah tanpa takut menghadapi ringan 
"Apabila dalam di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."
  

4 komentar:

  1. Kalau udah tau musuh itu bisa datang dari mana saja... Pertanyaannya adalah, SIAPA musuh itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut faiz musuh bisa datang dari mana saja seperti smartphone,dunia online, tv, bagaimana cara kita membentengingi seperti akidah kita

      Hapus
  2. Meneurut saya pahlawan d era digital adalah jangan nyerap mentah" sebuah informasi tp buktikan dengan kebenaran nya krna sering kta dengar hoax.

    BalasHapus

Follow Us @faizah_elzafa