Kamis, 13 April 2017

# Renungan

Recehan Berharga

"Yang hemat pangkal Kaya". Mungkin ungkapan itu tidak asing lagi ditelinga kita. Bahkan anak-anak seusia dini pun sudah mampu menghafalkan kalimat itu. Hal ini disebabkan menabung memang sangat bermanfaat dan sangat penting dalam kehidupan kita. Bukan saja untuk sekarang, tetapi untuk masa yang akan datang. Tak sedikit orang tua maupun sekolah-sekolah formal yang menerapkan kegiatan menabung kepada anak-anak mereka. Mengingat manfaatnya juga sangat banyak. Salah satu alasan yang paling sering kita dengar manfaat menabung adalah untuk pendidikan. Biaya pendidikan dari tahun ke tahun selalu saja semakin mahal. Apalagi jika sekolah yang kita impikan itu merupakan sekolah yang bagus dan favorit di tengah-tengah masyarakat. Tentu sebagai orang tua, akan mengupayakan bagaimana cara agar anak anaknya dapat meraih cita-citanya dan bersekolah setinggi tingginya.

Selain pendidikan, menabung juga sangat bermanfaat untuk masa yang akan datang. Misalnya saja, tiba-tiba ada hal-hal atau keperluan yang mendesak. Dan ternyata kita tidak memiliki dana sepeser pun. Nah, tabungan sangat berguna bukan? Kita tidak akan pernah tahu kapan keadaan mendesak akan datang kepada kita. Jika kita memiliki tabungan, maka apabila ada keadaan mendesak yang mengharuskan kita menyediakan sejumlah uang, maka kita tidak akan terlalu bingung lagi. Inilah manfaat menabung yang selanjutnya. Kita dapat menggunakan uang tabungan tersebut untuk menyelesaikan kebutuhan yang sekiranya memang mendesak.


Menabung mungkin dari beberapa kalangan termasuk hal yang sangat sulit begitu juga dengan saya, termasuk tipe boros yang gak bisa bedaiin mana kebutuhan dan keinginan membuat saya sulit buat menyisihkan kan sedikit tapi semenjak menjadi mahasiswi kebiasaan itu mulai saya rubah sedik demi sedikit. Di awal terasa sulit tapi berkat rutinas sedikit menyisihkan recehan kedalam celengan ternyata diakhir tahun lumayan juga. Terkadang kita terlalu sepele dengan recehan sampai terbuang buang bahkan kita abaikan. Jika saja kita kumpulakan dan peduli waw saya saja biasa bayar uang kuliah 1 periode bagaimana dengan anda bisa digunakan keperluan masing masing dong.
Yuk perhatian dengan recehan, jika kita peduli dengan hal kecil dan terbiasa pasti sangat mudah buat hal yg besar jangan diabaikan ya ini berguna sekali bagi kita kedepannya loh.



Cerita ini didukung oleh Bank Sumut 
#ayokebanksumut
#banknyaorangsumut

7 komentar:

  1. Banyak banget manfaat kalo kita sudah terbiasa menabung dari kecil ya kan. Untungnya aku dulu juga dibiasakan nabung ama ortu, sampe sekarang jadi kebiasaan :)

    BalasHapus
  2. Waaaa....kebayang bisa byar uang kuliah gara2 na uang recehan๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa lumayan 1 periode 600 rbu hehe uang receh nya faiz tukar k wartel pesantren jdi uang kertas .. Bru byar deh

      Hapus
  3. Sedikot demi sedikit, lama-lama jadi bukit. Kalau punya simpanan tabungan, ada keperluan apapun nggak masalah ya kak. Kadang recehan ini sepele kita, padahal kalau dikumpulin lumayan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bnget kk kinah klu ada pengeluaran dadakan bisa.. Klu akhir bulan recehan dicari di sudut mana aja hahhhahaa di satuin lumayan jga hehee

      Hapus
  4. kalau misalnya dia udah kaya,masih harus tetap hemat kak?
    kalau misalnya miskin bagaimana dia berhemat sedangkan makan hari itu pun susah kak?

    BalasHapus

Follow Us @faizah_elzafa